Kamu Juga Bisa Masak! Sarapan Kali Ini Asyik, kan Ada American Fried Bread!

10 Desember 2017


Dear Friends,

Akhir-akhir ini cuaca ekstrim sekali ya, terima kasih kepada Badai Dahlia dan Badai Cempaka, dua badai baru yang membawa kearifan lokal namun menimbulkan banyak kerusakan. Semoga saudara-saudara kita yang terkena dua badai ini bisa segera beraktivitas seperti biasa, aamiin.

Entah kenapa ya beberapa hari terakhir Akhie merasa bosan dengan roti. Mungkin karena cara pengolahannya ya begitu begitu aja, sampai akhirnya kepikiran buat bikin American Fried Bread. Ini semacam dekonstruksi ala ala dari American Risoles sih, tenang aja cara membuatnya gampang banget kok dan bahan-bahanya juga bisa disesuaikan dengan yang ada di rumah atau kosanmu. Yuk ah segera saja intip bahan dan cara pembuatannya di bawah.

Yang Kamu Butuhkan 

Roti 
Beberapa lembar atau sesuai selera


Isian
Keju
sesuai selera

Bakso
Disesuaikan dengan selera juga



Sambal Dua Belibis


Mayonais
Pelapis
Telur sebutir 
Tepung panir halus 
sekitar dua cup


Mug
Ukuran disesuaikan saja ya


Cara Membuat

Roti yang sudah disiapkan kamu cetak menggunakan mug, banyak dan ukurannya kamu sesuaikan dengan seleramu ya



JIka sudah mari masukkan isian untuk si roti. Isinya antara lain bakso yang telah dipotong-potong, parutan keju, sambal Dua Belibis, dan mayonais. Tidak ada aturan baku untuk urutan siapa masuk duluan ke dalam isian roti 



Nah sekarang olesi pinggiran roti dengan telur, kemudian tutup roti yang telah diisi dengan bagian roti lain lalu tekan-tekan pinggiran roti menggunakan garpu agar isian tidak berhamburan ke mana-mana



Ketika kamu sudah selesai menusuk-nusuk saatnya membalur roti ke dalam telur dan tepung panir halus. Sedikit tips untukmu, tepung panir yang Akhie gunakan merupakan tepung panir kasar biasa yang diblender lagi dengan tambahan parsley, asli hasilnya haluuus. Sehalus hatinya *eh. Gulirkan roti ke dalam adonan dan ke dalam tepung panir hingga bahan habis lalu goreng dengan api sedang sampai kecoklatan.



Daaan WALA JADI DEH!



Yeaay akhirnya punya menu baru untuk sarapan esok hari deh. Membuatnya mudah dan rasanya aslik enak deh, untuk kamu penggemar keju wajib banget memasukan keju kesukaanmu ke dalam resep ini, tapi karena bahan di rumah hanya ada sekadarnya maka jadila seperti di atas. 

Selamat mencoba dan sampai jumpa di posan selanjutnya ya


 ***

#KamuJugaBisaMasak merupakan project yang Akhie gagas untuk memanfaatkan bahan-bahan sisa (left over) atau bahan seadanya di rumah/ di kos untuk disulap menjadi menu baru. #KamuJugaBisaMasak diharapkan mampu menjawab kegundahan hati para pemasak rumahan pemula yang merindukan resep masakan mudah dengan harga agak terjangkau hehe. Jika kamu punya resep unik berbahan dasar asyik, sila kirimkan ke alamat surat elektronik kamujugabisamasak@gmail.com ya.


Love always,





Akhie


                                                   contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama