Kamu Juga Bisa Masak! HAP HAP Petite Fruit Pie

14 Oktober 2017




Dear Friends,




 
Wah tak terasa sudah hampir dua bulan Akhie mengawal #KamuJugaBisaMasak, Alhamdulillah perlahan namun pasti teman-teman disekitar mulai memberi resep-resep mudah yang biasa mereka buat di kos atau di rumah masing-masing. Semoga kehadiran #KamuJugaBisaMasak menambah perbendaharaan kamus resep hidupmu.


Oke kita balik masak! Ingat kalau orang lain bisa masak, maka #KamuJugaBisaMasak. Hari ini sebagai bagian dari rasa terima kasih maka Akhie akan membuat sajian hidangan penutup dengan bahan (yang lagi-lagi) bisa kamu temukan di rumah, namun kalau tak nemu maka manfaatkan saja bahan yang ada ya hehehe.


Yuk ah kita buat Petite Fruit Pie. Hidangan penutup satu ini mudah kamu temui di mana pun; di pengajian komplek, di nikahan orang, di sunatan anaknya bapak anu, ultah temen, rapat kantor, arisan, dll dkk. Bentuknya yang mungil serta rasanya yang segar memang ampuh sekali membius para penikmatnya. Nah daripada kamu kudu beli karena pengin banget makan fruit pie, mending bikin sendiri yuks


Yang Kamu Butuhkan Untuk Kulit Pie

Dua-tiga cup/250 gram tepung terigu (merk apa aja)



Dua sendok makan icing sugar (gula halus) atau sesuai selera




125 gram unsalted butter (diganti salted butter atau margarin lokal juga boleh)




Strawberi dan raspberry lokal


 
Wadah pie

 
1/2 sendok teh garam dan air es secukupnya



Yang Kamu Butuhkan Untuk Saus

Dua cup atau 400 ml whipping cream + dua sendok makan gula + satu sendok teh garam

  
Cara Membuat

Masukan terigu dan butter ke dalam wadah, lalu aduk dengan tangan hingga muncul bulir-bulir manjyah *eh. Tambahkan gula, garam, dan masukan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menyatu. JIka sudah tutup adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan adonan di lemari es sekitar 20-25 menit.




Keluarkan adonan dari dalam kulkas dan mulai bentuk adonan di dalam wadah pie, jangan lupa cuci tangan dulu ya, tekan adonan menggunakan tangan hingga memenuhi seluruh rongga wadah pie. Jika semua sudah selesai, tusuk-tusuk bagian penampang atas pie dengan garpu, gunanya agar proses memasak lebih baik dan pie lekas matang. Siapkan oven yang sebelumnya telah di preheat pada suhu 180 derajat celcius, panggang hingga kecoklatan (sekitar 15-25 menit (tergantung oven dan tergantung kepadatan kulit pie)). Kalau sudah matang, dinginkan, kulit pie siap dieksekusi.




Saatnya membuat topping. Sebelum mulai membuat whipped cream, dingingkan dulu wadah dan besi pengaduk di dalam lemari es sekitar tiga puluh menit agar proses pencampurannya lebih cepat. Jika sudah, masukan whipping cream dan atur mixer di kecepatan sedang hingga tinggi selama lima hingga tujuh menit, lalu masukan gula perlahan hingga adonan whipped cream berada pada kepadatan yang pas (atau sesuai keinginanmu). Whipped cream siap dipakai.

Siapkan strawberi dan raspberry untuk hiasan, tambahkan whipped cream di dalam wadah pie

...daaaan WALA JADI DEH!

 
Proses membuatnya memang agak lumayan rempong untuk Akhie yang belum terbiasa, tapi serius deh ada kesenangan tersendiri gitu ketika prosesnya berlangsung. Yuk ah kita belajar terus, karena ala bisa karena biasa. Jangan menyerah! Kalau ibu-ibu di @uploadkompakan saja bisa masak masakan kece maka #KamuJugaBisaMasak.

Sekadar informasi, semua bahan di atas telah tersedia di rumah jadi tak ada pengeluaran berarti, kecuali untuk strawberi dan raspberry lokal yang Akhie beli di Taman Wisata Matahari seharga Rp 10.000 untuk dua kotak raspberry dan Rp 20.000 untuk sekotak besar strawberi huahahahaha. Murah beuud ya, seneng deh, mana seger-seger abis.

Oke sekian dulu pertemuan kita kali ini, sampai jumpa di posan selanjutnyaaa!


***

#KamuJugaBisaMasak merupakan project yang Akhie gagas untuk memanfaatkan bahan-bahan sisa (left over) atau bahan seadanya di rumah/ di kos untuk disulap menjadi menu baru. #KamuJugaBisaMasak diharapkan mampu menjawab kegundahan hati para pemasak rumahan pemula yang merindukan resep masakan mudah dengan harga agak terjangkau hehe. JIka kamu punya resep unik berbahan dasar asyik, sila kirimkan ke alamat email kamujugabisamasak@gmail.com ya.
















    

Love always,





Akhie


                                                    contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama