When Culinary Meets Art x Pop-Up YBL Restaurant by Chef Yann Bernard Lejard at The Ritz-Carlton Pacific Place

26 Agustus 2015





Dear friends,


Ehehehehehe akhirnya bisa nge-blog lagi. Hei kalian apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Lagi-lagi Akhie cuma bisa bilang maaaaf karena jarang banget nge-post di blog ini, Ish jangan marah dong, nanti cepet tua hahahaha.



Kemarin (25/08) Akhie diundang menghadiri luncheon 'Culinary Meets Art' yang diadakan di Pacific Restaurant and Lounge, The Ritz-Carlton Pacific Place, lantai 6. Acara yang dihadiri foodies dan rekan media tersebut merupakan perkenalan pada gelaran Bazaar Art Jakarta 2015 yang akan dihelat pada 27-30 Agustus 2015 di The Ritz-Carlton Balroom, lantai 4. Di samping itu The Ritz-Carlton sekaligus memperkenalkan kami pada Pop-Up YBL Restaurant. Penasaran apa itu Pop-Up YBL Restaurant? Yuk simak tulisan di bawah hihi.


Is It Art? Is It Cuisine? Pop-Up YBL Restaurant ialah Pop-Up Resto terbaru yang digadang The Ritz-Carlton Pacific Place dan akan ikut memeriahkan Bazaar Art Jakarta 2015 pada 28-30 Agustus 2015. Dengan menggandeng guest Chef Yann Bernard Lejard para tamu yang hadir akan dimanjakan dengan berbagai sajian artistik namun nikmat, sedap dipandang mata; sedap pula ketika dimakan. Oh sampai lupa kata 'YBL' sendiri merupakan singkatan dari Yann Bernard Lejard, nama sang Chef.

Yang lagi hamil ayo diamit-amitin biar anaknya mirip Chef YBL hihihi

Sebelumnya mari berkenalan dulu dengan Chef Yann Bernard Lejard (YBL), Chef YBL lahir di Paris 39 tahun yang lalu, passion-nya akan dunia kuliner dimulai ketika ia berusia 16 tahun. Ia telah bekerja dibanyak restoran termasuk beberapa resto yang menggondol Michelin Star seperti Hotel Las Dunas Restaurant (One Micheline Star resto asal Andalusia, Marbella Spanyol), juga pernah bekerja untuk Three Michelin Star Chef, Heinz Winkler di Aschau Jerman. Bermacam prestasi juga telah ia terima selama menekuni dunia kuliner seperti The Award Finalist of the Taittinger Culinary Grand Prix Awards di Swiss tahun 2005 dan penghargaan 1st Ranked Chef for Saudi Arabia dari majalah FOUR-The World Best Food Magazine (majalah Inggris). Keren dong? Jelas.


Pada kesempatan kemarin kami dibuat terpana dengan keahlian platting Chef YBL yang terkesan nyeleneh tapi sangat luar biasa. Layaknya seorang pelukis kenamaan, Chef YBL mulai beraksi dengan sigap dan presisi. Setiap sentuhannya begitu artsy, kami sampai terbengong-bengong. Kami juga sempat berbincang sebentar dengan sang Chef, salah satu teman media sempat melayangkan pertanyaan: "Inspirasi platting seperti itu datang dari siapa?" I "Pablo Picasso," tegasnya. Dan pada kesempatan kala itu kami disuguhi signature dish kreasi Chef YBL, yuk kita intip yuk.

Appetizer

Chef Amuse Bouche


Bosan dengan sup yang begitu begitu aja? Maka kalian harus coba kreasi Chef YBL yang satu ini, yap Chef Amuse Bouche. Chef Amuse Bouche merupakan sup jagung manis dengan parmesan foam serta chilli flakes. Rasanya? Luar biasa, paduan jagung yang manis dan parmesan foam yang gurih berpadu serasi tanpa menimbulkan rasa mahteh di tenggorokan. Lembutnya sup jagung akan memanjakan indra pengecapmu dan hint dari chilli flakes akan menghangatkan perutmu.


Main Course


Beef Rib Foie Gras Bon Bon


Piring sajinya super besaar, platting-nya cantik, dan harumnya menggoda iman. Perkenalkan ini Beef Rib Foei Grass Bon Bon, sebuah hidangan cantik dengan rasa yang sungguh menggelitik. Paduan rasa rib dan foei grass yang dibungkus tepung panir dan disajikan dengan saus truffle dan saus tinta cumi beserta japanese bamboo charcoal powder akan meledak di mulut kalian, semua pas tanpa ada rasa yang meleset. Perfecto!


Rigatoni I Timbale I Egg Soft I Truffle 


Rigatoni I Timbale I Egg Soft I Truffle merupakan signature dish dari Chef YBL. Dari luar kalian hanya akan melihat sekumpulan Rigatoni dan foam serta black truffle saja, namun jangan salah dibalik kesederhanaannya menu ini memiliki kerumitan yang luar biasa. Sajian keren ini terdiri atas Rigatoni yang direkatkan menggunakan chicken mousse, di dasar sajian kalian akan menemukan saus jamur dengan potongan jamur yang cukup besar; di tengahnya kalian akan menemukan kejutan berupa omega 3 poached egg dengan leleran yolk berwarna kuning keemasan yang cantik sekali; di atas sajian kalian akan mendapati foam dan black truffle yang memberikan rasa yang UNGH! *susah dijelaskan dengan kata-kata saking enaknya hehe*.


That YOLK tho!
Sajian ini menjadi sajian kedua yang disajikan Chef YBL untuk kami, dan Akhie sangat sangat suka menu yang satu ini. Rigatoni dimasak sangat baik alias al dente, begitupun dengan elemen lain yang terdapat di sana. Sebuah sajian yang menggugah berbagai sudut indra perasa. You did an awsm job Chef!


Blanqutte I Grouper I Asparagus I Turnip I Foam



Walaupun presentasinya terlihat pucat, namun menu yang satu ini..... ENAAAAAK #HulaHulaTebarBunga. Ikan grupa yang dikukus memberikan sensasi rasa yang menyenangkan, alih-alih amis ikan grupa yang disajikan terasa sangat segar. Dan yang lebih menggembirakan, ikan grupa yang digunakan merupakan ikan lokal asal Nusa Tenggara Barat! 


Pertama kali mengecap menu ini kalian pasti akan suka, puree seledri yang dipadu dengan krim akan membuat kalian mencintai seledri lebih dari sebelumnya, basil foam yang berwarna hijau cantik makin membuat hidangan ini outstanding, kabu alias turnip berpadu serasi dengan asparagus; bawang kukus; dan jamur champignon yang diukir cantik. Secara keseluruhan menu ini merupakan menu ciamik yang patut kalian coba.


Dessert

Chocolate I 72%I Molten I Purple Berry I Sorbet


Sajian terakhir yang kami nikmati kemarin dan yang paling ditunggu. Kalau kalian suka molten lava cake, dapat dipastikan kalian akan jatuh hati pada hidangan penutup satu ini. Molten chocolate pudding-nya menggunakan dark chocolate 72%, memberikan rasa pahit namun tetap nikmat. Molten chocolate pudding ala Chef YBL bersanding manis dengan blueberry sauce, blueberry sorbet serta buah-buahan yang memberikan keseimbangan rasa ketika dimakan bersamaan. Nah bubuk berwarna emas dan sirup gula berwarna emas di atas dibuat dari cocoa butter, oh bunganya bisa dimakan juga lho. AWSM! 


Lavosh & Mini Baguette ala The Ritz-Carlton yang mantap
Kalian juga bisa menikmati Culinary Meets Arts Five Course Art Dinner featuring Chef Yann's Colourfull Plates and Wine Pairing pada 27 Agustus 2015 lho, dengan Rp 1.500.000++ per orang, kalian akan dimanjakan dengan sajian khas Chef YBL yang memanjakan mata dan lidah

Terima kasih mbak Bertha dan The Ritz-Carlton Pacific Place atas undangan dan kesempatannya.


Culinary Meets Art Dinner

27th August 2015
Web I Facebook 
Pacific Restaurant and Lounge Lv. 6
The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jl. Jend. Sudriman Kav. 52-53
Jakarta

RSVP: 
+62 21 2550 1993




Bazaar Art Jakarta 2015

Pop-Up YBL Restaurant

28-30th August 2015
The Grand Ballroom Lv, 4
The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jl. Jend. Sudriman Kav. 52-53
Jakarta




Love always,


Akhie
                                                    contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama